Tips Memulai Jualan Online

Tips Jualan Online Tanpa Modal

Tips Jualan Online Tanpa Modal

Waktu yang tepat untuk memulai jualan online adalah sekarang ini karena selama pandemi ini banyak kegiatan luar rumah yang dibatasi oleh pemerintah seperti kebijakan WFH (work from home) untuk pegawai negeri maupun swasta dan juga adanya PPKM yang mewajibkan setiap orang tunduk dengan aturan pemerintah terkait dengan adanya virus Covid 19. Dengan adanya kebijakan seperti ini mengubah kebiasaan masyarakat dalam kehidupan sosial sehari-hari sehingga masyarakat lebih memilih dan akhirnya terbiasa dirumah dan menjadi lebih familiar dengan gadget setiap harinya karena dunia internet tidak sekedar untuk mengakses berita saja namun juga seperti pengguanaan media sosial hingga situs penyedia jasa jual beli online.

Masyarakat sudah mulai terbiasa membeli produk ataupun jasa melalui marketplace dan e-commerce, jadi sekarang adalah waktu yang tepat untukmu memulai jualan online. Berjualan secara online adalah pilihan tepat dan menguntungkan saat ini bahkan bisa dilakukan dengan minim modal karena bisa dimulai dari rumah dengan bermodalkan hanphone dengan koneksi internet tanpa menyewa ruko yang biaya sewa pertahunnya mahal. Ada beberapa cara untuk jualan online minim atau bahkan tanpa modal namun sebelumnya harus kita tentukan terlebih dahulu barang apa yang mau kita jual selain nanti berimbas pada cara pemasaran, bahan baku dan juga seberapa besar nantinya kamu mendapatkan keuntungan juga harus dipikirkan.

Tentukan dulu apa yang ingin dijual

Yang pertama adalah menentukan terlebih dahulu apa yang ingin dijual supaya kamu lebih bisa membuat staregi misal pemilihan bahan baku, proses produksi, dan juga pemilihan media promosi yang tepat. Tapi jika kamu ingin jualan online tanpa modal, kamu bisa mencoba menjual jasa apapun yang kamu bisa seperti jasa gambar seperti jasa desain grafis, gambar arsitek, menulis, guru les privat, jasa make up dan juga jasa digital marketing. Kamu bisa buka toko online di marketplace untuk menjual jasa atau memasarkan keahlianmu lewat media sosial seperti facebook, instagram. tiktok dan juga menawarkan di situs jual beli seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak dll. Kumpulkan portffolio yang pernah kamu kerjakan agar calon pembeli lebih yakin. Jika kamu merasa tidak memeliki keahlian dari jualan jasa, maka apa yang bisa dilakukan ?

Menjadi Dropshipper

Dropship salah satu cara jualan tanpa modal dengan tidak harus memiliki barang dagangan bahkan tidak perlu menyimpan sendiri. Metode dropship ini belakangan menjadi incaran pebisnis pemula karena bisa dilakukan tanpa modal cukup memasarkannya saja bahkan biasanya foto produk, brosur dll. sudah disiapkan oleh vendor. Kamu tinggal membuat akun toko online di marketplace tentunya jangan lupa menambahkan nomer hanphone yang bisa dihubungi dan jika ada orderan masuk maka barang akan dikirim langsung ke alamat pembeli langsung dari vendor dengan nama pengirim tokomu.

Memilih vendor yang tepat menjadi hal yang penting karena pembeli selalu mencari harga terbaik dan juga kwalitas produk yang terbaik pula. Memastikan pengiriman yang tepat waktu juga tidak kalah penting dan usahakan kamu selalu bisa berkomunikasi dengan baik dengan vendor.

Bagaimana menjadi dropshiper yang menguntungkan dan memiliki kredibilitas yang baik ?

Beberapa hal yang harus diperhatikan agar jualanmu lancar dan profitebel adalah sebagai berikut :

Tentukan Produk yang Tepat

Mencari produk yang sedang banyak dicari atau sedang trend jangan tergiur dengan keuntungan yang besar karena kamu harus melihat kondisi pasar misalnya disaat bulan Ramadhan produk yang sedang banyakd dicari adalah seperti kurma, frozen food, dan juga perlengkapan ibadah anatra lain : mukena, sajadah, peci, dll. Dengan menjual produk yang tepat maka kesempatan untuk menjual dan memiliki keuntungan akan jauh lebih mudah. 

Melihat Harga Pasar

Saingan harga di marketplace menjadi hal yang lumrah karena saking banyaknya penjual. Mendapatkan harga yang murah dari vendor menjadi pilihan terbaik karena kamu akan mendapatkan keuntungan yang cukup banyak. Dengan keuntungan yang banyak itu kamu bisa meiliki budget promosi, memberikan diskon dan juga bisa terlepas dari perang harga. Usahakan tokumu memiliki reputasi yang baik seperti review dari pembeli yang akan lebih meyakinkan calon pembeli produkmu untuk segera melakukan pembelian.

Mencari vendor / suplier

Menentukan atau mencari vendor bukan hal yang mudah namun tetap bisa kamu lakukan dengan sabar dan terus mencari. carilah suplier yang bertanggung jawab seperti garansi produk, kecepatan pengiriman dan juga ketersedian barang. Mendapatkan suplier dengan harga murah menjadi hal yang penting karena akan membuatmu memiliki keuntungan yang ideal. Carilah suplier yang mudah diajak komunikasi sehingga jika ada komplain lebih mudah menyelesaikan dan mendapatkan solusi yang cepat dan terbaik.

Setelah menentukan produk yang ingin kamu jual dan  medapatkan suplier berikut ini tahapan sebelum memulai jualan online :

Gadget atau handphone  dan juga nomer hp yang mudah diingat

Siapkan gadget yang medukung seperti hanphone laptop dll yang akan menunjangmu dalam berjualan online, karena ini menjadi salah satu modal utama selain itu juga carilah nomer hp yang mudah diingat oleh pelanggan bahkan jika kamu memiliki budget belilah nomer cantik.

Membuat  Akun Media Sosial

Pilihlah nama akun media sosial yang mudah diingat dan juga keyword friendly, misalnya kamu membuat nama akun jualanmu "Toko jilbab Jogja" sehingga orang akan mudah menemukanmu ketika melakukan pecarian di media sosial seperti facebook, instagram, tiktok dll. Jangan lupa gunakan juga hastag, riset hastag yang sedang trending juga harus kamu lakukan untuk mempermudah calon pembeli menemukan produk yang kamu jual.

Website gratisan

Gunakan website gratisan seperti wordpress dll. tambahkan beberapa foto agar calon pembeli tertarik dan juga buat headline yang menjual seperti "Tampil modis namun tetap syar'i dengan jilbab Kalyana" buat juga deskripsi ayng menarik yang menggambarkan produk yang kamu jual sperti kelebihan bahan yang digunakan misalnya nyaman dan adem, tersedia berbagai macam motif dll. Jangan lupa menambahan tombol whatsapp agar calon pembeli tidak kerepotan harus menyimpan nomer whatsapp mu terlebih dahulu. 

Sekian beberapa tips yang bisa kami tuliskan dan selamat mencoba semoga cuan cuan cuan :)


Administrator

  04 Apr 2022

Chat via WhatsApp