Cara memulai bisnis percetakan

CARA MEMULAI BISNIS PERCETAKAN

CARA MEMULAI BISNIS PERCETAKAN

Dengan modal seadanya dan tanpa modal

Percetakan adalah salahsatu bisnis yang menjanjikan hingga saat ini, bisnis ini seolah tanpa ada matinya karena bisnis ini memiliki pangsa pasar yang cukup besar mulai dari kebutuhan instansi pemerintahan, perusahaan swasta, UKM dan juga perorangan membutuhkan beberapa kebutuhan cetak seperti perlengkapan media cetak promosi sebuah perusahaan, perlengkapan perkantoran hingga tidak luput dari kebutuhan mahasiswa dan juga anak sekolah. Perkembangan dunia percetakan sangatlah pesat dengan adanya modernisasi teknologi membuat bisnis percetakan memiliki produk yang beragam hingga sebuah percetakan bisa mengembangkan bisnis berupa percetakan dan digital printing.

Percetakan dan digital printing sangat erat hubungannya karena sifatnya saling melengkapi. Keduanya akan menjadi lebih mudah menjadi bisnis yang besar ketika disandingkan antara teknologi cetak offset maupun cetak digital. Percetakan offset untuk mecetak dalam jumlah orderan yang sangat banyak dan percetakan digital printing untuk mencetak orderan dalam jumlah sedikit atau dalam kata lain cetak digital printing ini untuk cetak eceran.

Untuk anda yang tertarik memiliki usaha percetakan dan digital printing namun terkendala dengan modal berikut ini tips yang mungkin akan sangat berguna bagi anda. :

  • Pelajari ilmu desain grafis, percetakan memang tidak luput dengan desain grafis maka bagi anda yang sudah memiliki kemampuan dalam dunia desain grafis akan sangat memudahkan dalam membuat desain sesuai yang diinginkan oleh pelanggan. Dengan kemampuan desain grafis ini anda mempunyai nilai plus karena pembayaran biaya desain akan masuk kantong sendiri.
  • Pelajari ilmu marketing, membuka usaha percetakan tentunya juga harus didukung dengan ilmu marketing baik marketing online dan offline. Marketing online berupa kemampuan untuk menawarkan produk melalui media internet seperti facebook, instagra, tiktok, google dan juga marketing di market place seperti tokopedia, shopee dll. Marketing offline dalam hal ini yang kami maksutkan adalah menawarkan produk anda door to door atau dengan relasi bisnis dengan cara tatap muka secara langsung.
  • Mencari vendor percetakan untuk memproduksi orderan anda menjadi hal yang penting dikarenakan untuk pengusaha cetak pemula biasanya belum memiliki mesin cetak sendiri maka dari itu mencari vendor yang tepat sangatlah penting terkait dengan kwalitas cetak, ketepatan waktu dan juga cepatnya proses produksi percetakan juga harus dipikirkan.

Bisnis percetakan tidak melulu tentang modal finansial namun jika anda benar-benar ingin melakukan bisnis percetakan dan tanpa modal ketiga tips diatas sangat berguna. Sederhananya anda yang sudah memiliki kemampuan desain grafis tinggal belajar cara marketing dan mendapatkan orderan, dengan kemampuan desain grafis anda sudah memiliki kelebihan apalagi jika desain yang anda hasilkan berkwalitas dan bisa mengikuti trend perkempangan desain. Jika anda sudah mendapatkan orderan anda tinggal bekerjasama dengan percetakan yang memiliki reputasi baik seperti kwalitas cetak, ketepatan waktu dll. Anda tidak perlu capek-capek mengurusi produksi ketika sudah diserahkan kepada ahlinya dan bisa fokus pada marketing dan pembuatan desain. 

Beberapa produk percetakan yang bisa anda tawarkan kepada calon pelanggan adalah sebagai berikut :

  • Cetak nota dan kwitansi, Banyak sekali perusahaan yang membutuhkannya untuk melengkapi kebutuhan jual beli.
  • Kop surat, Perusahaan baik besar maupun kecil biasanya membutuhkannya untuk surat menyurat dan menulis dokumen penting.
  • Stopmap, Menjadi kebutuhan perkantoran untuk menyimpan berbagai macam dokumen dan juga untuk sarana branding sebuah perusahaan.
  • Blocknote, Biasanya digunakan untuk seminar dan juga berbagai macam souvenir.
  • ID card, Untuk tanda pengenal karyawan sebuah perusahaan 
  • Tali ID Card, Tali untuk menggantungkan ID Card supaya mudah digunakan dengan cara mengalungkannya dileher.
  • Spanduk, Kebutuhan spanduk juga tidak kalah banyak bahkan untuk sekarang ini warung-warung pinggir jalan sudah membutuhkannya.
  • Buku yasin, Produk cetak yang satu ini digunakan dalam acara kirim doa bagi umat islam yang sudah meninggal.
  • Amplop, Tidak hanya untuk megirim surat menyurat namun amplop juga menjadi sarana branding sebuah perusahaan.
  • Undangan nikah, Salah satu kebutuhan penting sebuah pernikahan adalah cetak undangan baik undangan dari harga murah hingga undangan dengan harga mahal tentunya ditentukan oleh budget keluarga calon pengantin. Selain beberapa produk percetakan yang sudah kami sebutkan masih banyak lagi produk cetak laiinya yang bisa anda tawarkan.

Setelah mengetahui cara memulai usaha percetakan tanpa modal serta tipsnya dan mengetahui beberapa produk cetak kini saatnya anda memulai bisnis percetakan, selamat mencoba dan tetap semangat.

Administrator

  05 Apr 2022

Chat via WhatsApp